5 TEKNIK RAHASIA JUALAN LARIS
Berbicara mengenai bagaimana meningkatkan penjualan, saya akan mengajak Anda menjawab pertanyaan mendasar yang jadi masalah bagi pebisnis pemula

Bagaimana agar makin banyak orang yang tahu produk Anda ? Perbanyak calon pembeli dengan promosi di media jualan
Bagaimana cara meyakinkan konsumen agar membeli produk Anda? Lakukan berbagai teknik marketing untuk meyakinkan mereka
Banyak konsumen yang berminat tapi belum jadi beli? Lakukan teknik closing
Buat yang pernah beli, bagaimana mendorong mereka agar membeli lagi? Buat program promo yang bisa memperbesar omzet
Hasil dari pertanyaan di atas bisa kita bagi dalam lima bagian besar strategi :
1. PERBANYAK CALON PEMBELI 2. YAKINKAN CALON PEMBELI 3. UBAH CALON PEMBELI JADI PEMBELI 4. DORONG PEMBELI BELI LAGI 5. LIPAT GANDAKAN OMZET DENGAN TIM PENJUALAN
1. PERBANYAK CALON PEMBELI
Ini adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan dan akan berpengaruh secara langsung kepada peningkatan penjualan produk Anda. Semakin banyak orang yang tahu produk Anda, semakin besar potensi terjadinya penjualan. Untuk memperbanyak calon pembeli, maka Anda harus memastikan segmen pasar Anda sesuai dan gunakan bahasa yang tepat untuk berpromosi ke target market tersebut.
Ketika ingin mendapa calon pembeli, Anda harus rajin mempromosikan bisnis Anda dan juga mengikuti setiap EVENT yang punya potensi untuk membuat bisnis Anda dikenal. Selain event, cara yang umum digunakan adalah dengan membuat brosur, BROSUR masih menjadi cara ampuh untuk mengenalkan bisnis kita secara cepat kepada orang lain. Brosur yang baik tentunya adalah brosur yang komunikatif.
Di dalam brosur muatlah kelebihan produk yang Anda tawarkan, hindarkan menjelek-jelekkan kompetitor Anda. Gunakan foto yang menggugah dan berkualitas. Desain dengan menarik setiap tampilan pada brosur. Dan jangan lupa buat penawaran yang punya call to action. Sertakan potongan voucher kalau perlu.
Selain brosur, Anda juga bisa menggunakan Media Sosial, selain karena tren internet yang tinggi. Juga karena promosi di media sosial terbukti ampuh untuk mendongkrak penjualan. Dalam berpromosi di social media konten adalah kunci, konten yang bagus akan membuat orang tertarik, selain itu atur proporsi yang pas antara konten edukasi bermanfaat dengan konten jualan.
Tak cukup socmed saja, Anda juga bisa memaksimalkan penjualan di toko online/WEBSITE. Karena bagaimanapun juga, media sosial adalah tren yang bisa hilang sewaktu-waktu. Jualan melalui web bisa mendatangkan kredebilitas dan traffic yang loyal, asal Anda punya konten yang jelas, nama domain yang bagus serta service yang memuaskan. Untuk mendatangkan traffic di toko online Anda harus belajar SEO
Pada pola ini Anda untuk semakin mengenalkan produk Anda pada khalayak luas, gunakan juga teknik BBM Marketing yang saat ini masih sangat berpotensi, dan teknik ENDORSEMENT yang mengangkat produk Anda, perluas NETWORK dengan sesama pebisnis, hingga memanfaatkan MARKETPLACE.
2. YAKINKAN CALON PEMBELI
Setelah calon pembeli datang ke tempat Anda, maka tugas selanjutnya adalah meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda. Buatlah penawaran yang membuat konsumen Anda yakin, berikan BONUS, TESTIMONI dan GARANSI. Dalam meyakinkan calon pembeli, jangan lupa untuk menonjolkan kelebihan produk Anda, kelebihan bisa dalam harga, kualitas, tampilan dll. Uraikan sebanyak mungkin kelebihan produk Anda agar calon pembeli semakin yakin. Gunakan data-data yang meyakinkan jika diperlukan digunakan oleh calon pembeli. Jika produk Anda bagus, COBA GRATIS akan meyakinkan calon pembeli untuk segera melakukan pembayaran. DEMOKAN PRODUK Anda jika perlu untuk menjelaskan secara langsung kelebihan produk-produk Anda.
Untuk Anda yang berbisnis di jasa atau kuliner, mungkin Anda bisa memberikan terlebih dahulu tester atau free trial yang bisa digunakan oleh calon pembeli. Jika produk Anda bagus, COBA GRATIS akan meyakinkan calon pembeli untuk segera melakukan pembayaran. DEMOKAN PRODUK Anda jika perlu untuk menjelaskan secara langsung kelebihan produk-produk Anda.
Buatlah TESTIMONI yang meyakinkan, gunakan video jika perlu, semakin original testimoninya, semakin baik buat produk Anda, karena testimoni ini akan disampaikan juga oleh orang-orang yang menggunakan jasa dan layanan produk Anda. Testimoni dalam bentuk video lebih bagus dan tunjukkan bukti BEFORE AFTER.
3. UBAH CALON PEMBELI JADI PEMBELI
Terkadang ketika kita sudah melakukan aktifitas untuk meyakinkan calon pembeli, ujung-ujungnya banyak konsumen yang tidak membeli. Untuk mengatasi tipe konsumen ini maka Anda harus mengandalkan cara-cara yang bisa disebut sebagai teknik closing.
Salah satu diantara sekian banyak teknik closing adalah DISKON, diskon masih menjadi upaya paling efektif dan terbukti ampuh untuk membuat orang membeli produk Anda. Diskon juga bisa membantu Anda untuk memaksimalkan penjualan ketika momen penjualan yang sedang tidak baik atau saat butuh modal untuk pengadaan barang baru. Tapi untuk menentukan besaran diskon anda harus melihat betul margin dari produk Anda. Jangan sampai terjadi kerugian. Padukan Diskon in dengan teknik HARGA CORET
Selain itu anda bisa memberikan bonus berlimpah untuk membuat produk Anda semakin menarik untuk dibeli, bonus ini membuat penawaran Anda menjadi sensasional. Dan jangan lupa mencantumkan CALL TO ACTION yang bertujuan mendesak pembeli untuk segera bertransaksi. Semakin terbatas penawarannya semakin membuat terjadinya keterdesakan. Berikan VOUCHER CASHBACK jika diperlukan untuk menambah ketertarikan produk Anda. Inti dari semua itu adalah FOLLOW UP yang baik, gunakan bahasa yang santun dan intensitas yang tidak sampai membuat pembeli Anda merasa keberatan, ketika melakukan follow up jangan lupa gunakan strategi-strategi di atas.
4. DORONG PEMBELI BELI LAGI
Pelanggan yang sudah membeli produk Anda adalah orang-orang yang sudah percaya dengan kualitas produk Anda, jaga mereka baikbaik karena biaya yang Anda keluarkan untuk meyakinkan orang yang baru jauh lebih besar daripada menjaga orang yang lama. Ada hal utama yang perlu Anda lakukan untuk membuat mereka menjadi pelanggan Anda, berikan Layanan Terbaik. Ini adalah alasan utama pembeli ketika mereka PUAS, mereka pasti akan kembali lagi. Berikan mereka Voucher Kedua (potongan harga, diskon, dll) yang akan mendorong mereka untuk merasakan keuntungan dan berhemat jika kembali berbelanja lagi.
5. LIPATGANDAKAN OMZET DENGAN TIM PENJUALAN
Bisnis yang sulit berkembang adalah bisnis yang semua aktivitasnya dikerjakan sendirian. Bayangkan jika semua aktivitas dalam bisnis, Anda sendiri yang mengerjakan, mulai dari buat produk, kirim produk, terima orderan, jawab keluhan dan juga jualan. Wahh kalau semuanya dikerjakan mau sampai kapan bisnisnya bisa jadi bisnis milyaran. Jika Anda mengerjakan sendiri, Anda tidak sempat memikirkan ide-ide strategis, seperti pengembangan produk, ide pembukaan cabang atau ide meningkatkan omzet.
Ingat, Anda bukan Superman! Bisnis yang sukses berkembang karena ada tim yang kuat yang mengerjakan bisnisnya. Sama halnya ketika akan menerapkan berbagai teknik jualan yang ada di buku ini. Anda membutuhkan rekan kerja untuk menerapkan teknik-tekniknya. Mungkin ada yang bertanya begini, tapi kan kalau rekrut karyawan, nanti biayanya ikut membengkak. Hmm.. jawabannya sederhana. Tim atau karyawan itu investasi, kalau dari penambahan tim kita bisa meningkatkan omzet hingga 2-3x lipat kenapa tidak kita terapkan? Ingat kita bukan superman!
Bisnis akan sulit berkembang jika semuanya dikerjakan seorang diri Setelah Anda mencerna hal-hal di atas, sekarang saatnya praktek ntuk memaksimalkan penjualan Anda. Jangan lupa untuk menguji efektifitas setiap strategi pada penjualan Anda. Pilihlah yang paling memiliki dampak besar. https://threewisdom.blogspot.com/
Posting Komentar untuk "5 TEKNIK RAHASIA JUALAN LARIS"