https://kristantotrust.blogspot.com/p/daftar-isi.html
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Copywriting Dalam Bisnis


Kita lanjutkan sharing-sharing nya ya.. seputar :
HYPNOWRITING
saya jelaskan dulu apa itu Hypnowriting
Hypnowriting = Hypnotic Writing
Yang kalau diartikan adalah membuat tulisan yang menghipnosis..
Kita akan fokus ke hypnowriting untuk mempromosikan dan menjual produk
mungkin teman-teman juga pernah mendengar istilah Copywriting..
Apa itu COPYWRITING?
Ada banyak versi tentang definisi copywriting..
Ada yang mengartikan cara menyampaikan pesan lewat tulisan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan..
Ada juga yang mengartikan bagaimana menyampaikan informasi hingga dimengerti oleh calon konsumen sejelas-jelasnya..
Maksudnya sama saja. Copywriting adalah tentang menulis untuk jualan
Tulisannya disebut dengan COPY..
Kita akan sama-sama belajar bagaimana menulis copy yang memiliki efek hipnotik..
Hypnosis/hipnotik adalah segala sesuatu yang menarik perhatian kita,
jadi intinya kita akan belajar membuat tulisan yang menarik perhatian pembaca.
Simpel kan?
Mau itu Tulisan dalam bentuk Hard Selling, Soft Selling, Covert Selling, semua adalah bagian dari Copywriting..
Jadi jangan dibeda-bedakan ya. semuanya efektif jika dilakukan pada kondisi yang tepat..
Sekarang kita diskusi..
di mulai dengan sebuah pertanyaan.
Dalam jualan online, mana yang lebih penting?
1. Produknya?
2. Target marketnya?
3. Media promosinya?
4. Copywritingnya?
Silahkan dijawab beserta alasan. bagi yang sedang aktif.. hehe
Kita liat dulu apa maksud Marketing menurut pak Tung..
Marketing adalah:
 mengkomunikasikan nilai tambah (BENEFIT; MANFAAT)
 kepada orang yang tepat,
 dalam jumlah yang banyak
 dengan cara yang tepat
Sebagus apapun nilai tambah sebuah produk kalau disampaikan kepada orang yang tidak tepat ada yang beli atau tidak kira-kira?
Sebagus apapun produknya kalau kita promosikan ke orang yang tidak tepat peluang closingnya kecil..
Jadi, saat mau memasarkan produk secara online, kita perlu kenal:
1. Nilai tambah yang dimiliki produk tersebut
2. Target market yang pas-nya siapa
3. Menentukan media yang pas, sehingga kita bisa terhubung dengan target market kita
4. Menyusun copywriting yang pas dengan target market yang kita sasar..
Sayangnya, banyak penjual online yang salah urutan berpikirnya..
Mereka siibuk memikirkan bagaimana cara menyusun pesannya namun tidak pernah memikirkan siapa target marketnya..!!!
Mereka pikir kalau copywritingnya bagus, pasti siapapun mau beli. Benarkah demikian? Sayangnya tidak..#wew
Copywriting itu menyesuaikan target market..
Bukan sebaliknya..#noted
Maka, sebelum kita mulai menyusun copywriting dari iklan kita, kita perlu paham dua hal:
Pertama.
Apa nilai tambah/keunggulan produk kita.
Kedua, siapa target market yang tepat untuk produk kita..
Dari sana baru kita akan tahu, media yang cocok apa..
Dari sana juga baru kita akan tahu bagaimana menyusun copywritingnya.
Sampai di sini paham?????
Jika belum paham, silahkan bertanya, jika sudah paham, saya akan beri tugas..
Namanya juga copywriting, pasti akan banyak praktik..
Tanya:
Mana yang lebih dahulu, tentukan produk yang akan dipasarkan, atau mendapat target market dulu?
Jawab:
riset dulu bang, pasar mau apa. nanti akan terbentuk targetnya, baru muncul produknya..
Produk tercipta karena adanya kebutuhan pasar. konsumen yang butuh dikelompokkan dan akhirnya menjadi target pasar
kalau mau tentukan produk dulu juga bisa, tapi kerja akan lebih ekstra, dan peluang kegagalan lebih besar karena harus edukasi pasar. ingat produk Tara Nasiku? Nasi Goreng Instan??
Tanya 2.
Bang, kalau ternyata dari riset hasilnya adalah produk yang umum di pasaran dan sudah banyak pemainnya, apakah harus kita ambil produk tersebut? BagaimAna dengan pengetahuan produk yang akan dipasarkan, apakah seller wajib paham secara detil ?
Jawab:
Jika produk umum dipasaran, dan produk masih berpeluang besar bertahan, maka anda perlu memberi value dari produk yg anda jual..
Misal. Banyak yang jual hijab.. Dan produk ini masih sangat laris dipasaran..
Anda bisa ikut bersaing dengan cara menambah value dari produk yang anda jual.. contohnya tambah asesoris kupu-kupu pada hijab
Misalnya kalau online, anda bisa kasih bonus ebook .Menjaga Kemaluan agar tidak Malu-maluin..
😅
Siapapun anda, ketika anda jualan, anda wajib mengetahui keunggulan yang ada pada produk anda.
F: fitur/fakta yang ada pada produk
A: advantage, keunggulan produk
B: benefit, manfaat yang didapat jika produk digunakan..
Tanya 3.
Bgmana cara riset pasar yang baik bang, baik secara online maupun offline? ðŸ™„
Jawab:
Riset online banyak caranya.
Banyak juga yang mengajarkan.
Mulai dari suhu agus, doseb jualan, arief maulana dll. Ada beberapa tools buat bantu riset online.
riset online singkatnya adalah kita tau apa produk yang paling banyak dicari orang..
Riset offline juga banyak caranya, diantaranya survey, tinggal metode pengambilan sampelnya saja yang perlu dirincikan..
Tanya 4:
Bagaimana cara ngeiklan supaya mudah diterima konsumen?
Jawab:
Iklan no 2 mbak, yg penting iklan tersebut sesuai target pasar..
Ada teman jual jam casio kisaran harga 2-12 juta.
Dia tidak perlu pake iklan2 panjang. Cukup  menulis:
Casio Gxx
8,4jt.
stok 3
Pertanyaan silahkan komen.
Dan..
Puluhan orang pada nanya dan tidak sampai 1 hari 3 unit habis..
Kok bisa?
Karena teman-temannya di facebook memang target pasar..
Kalau saya?
Jam tangan 8,4jt??
Tidak dulu deh..
Sekian Semoga Bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Pentingnya Copywriting Dalam Bisnis"