7 Tahap Jadi Loyalitas Pelanggan Setia
Ladder of loyalty atau tangga loyalitas terdiri dari 7 tahap:
1. SUSPECT
Semua orang yang yang belum pernah sekalipun membeli produk/jasa brand kita namun termasuk ke dalam target market pemasaran digolongkan sebagai seorang Suspect. Jadi kita belum punya data spesifik seperti nomer HP, alamat lengkap atau namanya... Yang jelas kita hanya punya info secara general
Semua orang yang yang belum pernah sekalipun membeli produk/jasa brand kita namun termasuk ke dalam target market pemasaran digolongkan sebagai seorang Suspect. Jadi kita belum punya data spesifik seperti nomer HP, alamat lengkap atau namanya... Yang jelas kita hanya punya info secara general
2.PROSPECT
Saat seorang suspect mulai mengetahui info penawaran anda dan tertarik dan menaruh perhatian terhadap produk/jasa berserta manfaat-manfaat yang kita tawarkan di dalamnya, saat mereka mulai menghubungi contact center kita dan bertanya-tanya terkait produk/jasa tersebut, maka mereka telah menjadi Prospect. Artinya saat kita sudah dapat data yang lebih spesifik namanya kita sudah tau, alamatnya kita sdh tau dan Contact personnya kita sudah tau dia sudah mulai menjadi prospek
Saat seorang suspect mulai mengetahui info penawaran anda dan tertarik dan menaruh perhatian terhadap produk/jasa berserta manfaat-manfaat yang kita tawarkan di dalamnya, saat mereka mulai menghubungi contact center kita dan bertanya-tanya terkait produk/jasa tersebut, maka mereka telah menjadi Prospect. Artinya saat kita sudah dapat data yang lebih spesifik namanya kita sudah tau, alamatnya kita sdh tau dan Contact personnya kita sudah tau dia sudah mulai menjadi prospek
3. SHOPPER
Seorang prospect yang akhirnya memutuskan untuk membeli produk/jasa kita, maka ia adalah Shopper. Shopper adalah seseorang yang baru membeli produk/jasa kita hanya satu kali, ia membeli mungkin hanya penasaran dengan penawaran yang ia dapatkan bukan karena percaya dengan kualitas produk/jasa kita, dan ia bisa saja puas ataupun tidak dengannya.
Kita bisa sebut juga dengan istilah lain yaitu "Buyer"
Jadi belum tentu semua akan menjadi customer
Seorang prospect yang akhirnya memutuskan untuk membeli produk/jasa kita, maka ia adalah Shopper. Shopper adalah seseorang yang baru membeli produk/jasa kita hanya satu kali, ia membeli mungkin hanya penasaran dengan penawaran yang ia dapatkan bukan karena percaya dengan kualitas produk/jasa kita, dan ia bisa saja puas ataupun tidak dengannya.
Kita bisa sebut juga dengan istilah lain yaitu "Buyer"
Jadi belum tentu semua akan menjadi customer
4. CUSTOMER
Customer adalah seseorang yang telah berulang kali membeli produk/jasa kita. Ia bersedia berulang kali membeli karena telah merasakan bahwa produk/jasa kita adalah solusi terbaik bagi kebutuhannya.
Customer adalah seseorang yang telah berulang kali membeli produk/jasa kita. Ia bersedia berulang kali membeli karena telah merasakan bahwa produk/jasa kita adalah solusi terbaik bagi kebutuhannya.
5. MEMBER
Seseorang bersedia menjadi pelanggan setia disebabkan karena kita berhasil membangun hubungan yang baik dengan mereka, dan karena mereka telah menaruh kepercayaan penuh terhadap produk/jasa brand kita. Oleh karena itu, untuk membalas kepercayaan tersebut, kita harus memberikan insentif dan hak-hak istimewa terhadap mereka. Saat itulah kita perlu ‘mengikat’ hubungan ini lebih kuat lagi melalui fasilitas membership. Kita bawa customer kita untuk menjadi seorang Member.
Seseorang bersedia menjadi pelanggan setia disebabkan karena kita berhasil membangun hubungan yang baik dengan mereka, dan karena mereka telah menaruh kepercayaan penuh terhadap produk/jasa brand kita. Oleh karena itu, untuk membalas kepercayaan tersebut, kita harus memberikan insentif dan hak-hak istimewa terhadap mereka. Saat itulah kita perlu ‘mengikat’ hubungan ini lebih kuat lagi melalui fasilitas membership. Kita bawa customer kita untuk menjadi seorang Member.
6. ADVOCATE
Advocate adalah member yang sudah bukan lagi sekedar bersedia untuk selalu membeli produk/jasa kita, tapi bahkan bersedia untuk secara tidak langsung ikut terlibat mempromosikan dan menjualkan produk/jasa kita melalui testimonial atau referral. Dia akan melakukan WOM atau Word of Mouth
Advocate adalah member yang sudah bukan lagi sekedar bersedia untuk selalu membeli produk/jasa kita, tapi bahkan bersedia untuk secara tidak langsung ikut terlibat mempromosikan dan menjualkan produk/jasa kita melalui testimonial atau referral. Dia akan melakukan WOM atau Word of Mouth
7. RAVING FAN
Tingkatan loyalitas yang terbaik adalah saat seorang pelanggan setia berada pada tahap dimana mereka selalu menceritakan dan merekomendasikan produk/jasa kita dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun, bahkan tanpa diminta. Mereka ini adalah pelanggan yang sudah bersikap fanatik terhadap produk/jasa brand kita. Mereka telah merasakan adanya perubahan yang lebih baik dalam hidup mereka melalui produk/jasa kita. Dan mereka akan membela produk/jasa kita mati2an
Nah bagaimana cara merubah dari suspect sampe menuju raving fans ?
3 komponen diawal tadi lah yang berperan
Marketing
- sales
- branding
Happy weekends teman teman silahkan share yah ilmu mahal nih
Tingkatan loyalitas yang terbaik adalah saat seorang pelanggan setia berada pada tahap dimana mereka selalu menceritakan dan merekomendasikan produk/jasa kita dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun, bahkan tanpa diminta. Mereka ini adalah pelanggan yang sudah bersikap fanatik terhadap produk/jasa brand kita. Mereka telah merasakan adanya perubahan yang lebih baik dalam hidup mereka melalui produk/jasa kita. Dan mereka akan membela produk/jasa kita mati2an
Nah bagaimana cara merubah dari suspect sampe menuju raving fans ?
3 komponen diawal tadi lah yang berperan
Marketing
- sales
- branding
Happy weekends teman teman silahkan share yah ilmu mahal nih
Posting Komentar untuk "7 Tahap Jadi Loyalitas Pelanggan Setia"