3 Tips Agar Tidak Gagal Iklan Di FB Ads
Iklan yang bagus kayak bagaimana sih??
Besarnya budget tidak selalu berimbang pada performa iklan, terkadang budget iklan yang tidak gede-gede amat (masih dibawah 1juta perminggu) malah bagus loh.. iya ciyuuus nih
Ada beberapa faktornya yang membuat iklan kita gagal menghasilkan penjualan parahnya lagi ditolak sama facebook padahal iklan tersebut bukanlah iklan yang dilarang oleh facebook. Nah berikut penjelasannya
1. Iklan ditolak karena gambar iklan terlalu banyak teks.
Bukan Cuma performanya yg bikin jeblok malahan juga tidak di approve, karena facebook membatasi maximal dalam gambar hanya ada 20% teks tidak boleh lebih kalaupun jalan biayanya mahal perinteraksi bisa puluhan ribu.
Saran saya ketika mengalami hal seperti ini lebih baik edit kembali fotonya, hilangkan semua teks yang ada pada iklan cukup cantumkan no kontak WA/BBM kecil dipojok bawah kiri atau kanan. Fokus saja pada gambar!Kenapa sih banyak teks koq gak boleh??
Menurut saya untuk facebook hal ini justru merugikan mereka karena dengan adanya teks pada gambar orang akan langsung call to action tanpa harus melihat detil atau mengklik satu persatu gambar. Simpelnya gini “wah deskripsinya gini toh, yow is aku langsung beli saja”
2. Audiensya terlalu sempit
Pernah tidak ngiklanin tapi malah iklannya supermahal sampai per interaksi yang bisanya dibawah Rp.100 ini malah bisa sampe Rp.10.000 per interaksi, gile dah
Seperti kasus yang saya temui ketika mempromosikan produk baru saya @dugal – durian kukus tegal, saya promosikan untuk menambah jumlah Like. Kota yang saya targetkan adalah kota Slawi karena kota Tegal Jawa Tengah malah tidak ada di pencarian facebook (tegal banget dah si om Mark..huuu).
Kota Slawi dengan radius 5km artinya kota Tegal mencakup radius tersebut, jenis iklan yang saya pilih adalah “promosikan halaman”. Biasanya ketika mempromosikan Halaman atau nambahin jumlah Like untuk target Indonesia (baik nasional ataupun kota besar) biayanya paling banter Rp.500/interaksi lah ini koq sampe Rp.10.000 dan parahnya saya cuma dapet 7 klik Like akhirnya iklannya saya stop, paraah bener dah…wkwkwkwk
Karena pengguna facebok masih didominasi kota-kota besar seperti Jabodetabek maka ketika kita mentarget kota-kota kecil misal seperti kota Slawi data yang diberikan oleh facebook sesuai dengan interst/ketertarikan yang kita bidik terlalu kecil hasilnya biaya super mahal.
Ya kurang lebih samalah kayak hukum ekonomi dimana supply barang langka maka harganyapun akan melambung tinggi…ckckck
3. Terlalu banyak posting gambar
Nah ini juga salah satu penyebab gagalnya iklan karena kita memposting gambar terlalu banyak apalagi ini iklan jualan loh ya. Hard selling abis!
Nah jenis iklan PPE atau Boost Post atau Interaksi idealnya di isi dengan gambar 1, 6 atau 8 saja.
Nah jenis iklan PPE atau Boost Post atau Interaksi idealnya di isi dengan gambar 1, 6 atau 8 saja.
Alih-alih kita pengen hasilnya bagus agar calon konsumen seneng dengan produk yang kita jual karena banyak variant atau pilihan lah koq malah gak ada sales.
Saran saya ketika anda memiliki produk dengan banyak variasi jenis , misalkan jualan hijab pasti kan banyak corak warna ,model, type hijab kan? Nah buatlah album pada Fanspage anda namun jangan dicampur yaa usahakan dalam setiap album maximal ada 20 gambar ,kalaupun produk ada dalam variant.
Misalkan hijab instan ada 40 warna saran saya buat 2 album bedakan namanya missal Hijab Instan A dan Hijab Instan B jadi masing-masing album berisi 20 gambar.
Misalkan hijab instan ada 40 warna saran saya buat 2 album bedakan namanya missal Hijab Instan A dan Hijab Instan B jadi masing-masing album berisi 20 gambar.
Baru deh bisa di iklankan dengan jenis iklan PPE atau Boost Post pasti hasilnya beda ,serius deh!
Selamat mencoba!!!
Posting Komentar untuk "3 Tips Agar Tidak Gagal Iklan Di FB Ads"