https://kristantotrust.blogspot.com/p/daftar-isi.html
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Langkah Membangun Pasukan Marketing


Baru 5 menit upload,
Langsung 3.000 orderan masuk !
GILAA apa GENDENG ?
Pengen banget kan?
gak mungkin dikerjkan sendirian sob !
Ayokkk belajar dan Bangun TEAM Solid . . .
Video ini saya ambil dari mastah sebelah, sebagai contoh betapa dahsyatnya bisnis online tapi saya bukan bahas tentang trend atau jenis bisnisnya.
Semuanya berpola dan ada ilmunya tidak ujug-ujug, kalo beneran pengen punya bisnis yang struggle ayok kita belajar bareng. Hehe maaf yak saya belum jadi pakar apalagi mastah, tapi saya hobi belajar dan berusaha langsung praktek.
Maksudnya Marketing Semut Cenut-cenut apa bro ?
Tau sifat kerjasama semut kan ? iya bener, mereka ketika mencari makanan gotong royong dengan rapih saling memberikan sinyal dan bersalaman disetiap barisannya dan hebatnya walaupun badannya kecil tapi mereka bisa angkat beban yang besar kuncinya apa, ya kerjsama tidak saling serakah dan hasilnya di nikmatin sama-sama itulah ilustrasi atau perumpamaan gaya marketing ini sob hehe terus kalo cenut-cenutnya apa ? ahh itu mah biar keren-keren aja buat narik perhatian orang-orang. oke kita lanjut ke materi inti yak . . .
Ada 3 langkah yang harus kita siapkan untuk membangun pasukan marketing semut.
Pertama, siapkan produk yang benar-benar bagus, menarik dan di butuhkan tidak ada habis-habisnya oleh market apa klasifikasinya, bisa anda gunakan kategori Pangan, Sandang dan Papan. paham kan ? buat produk itu semenarik dan se unik mungkin tapi yang lebih utama menjawab kebutuhan pasar. Contoh yang saya alami adalah produk Clothing fokus di awal berupa Tshirt dan pastinya menjadi kebutuhan setiap orang untuk pakain sehari-hari, terapkan value menariknya apa dibanding produk lain, saya coba terapkan tema design yang anti mainstrem kalo dipasaran banyak sekali clothingan yang mengandalkan kekuatan seni nya dan menonjolkan branding Logonya saja saya coba hal baru dengan menanamkan pesan-pesan positif di dalam setiap desain bukan hanya logo jadi setiap orang yang memakainya secara tidak langsung menyebarkan kebaikan. Yuk buat produk kita semenarik mungkin tapi ingat tetap test ukur dengan kebutuhan pasar ok
Kedua, bikin data base. sebanyak mungkin dan sedetail mungkin, mulai lah dari sekarang rajin-rajin ngumpulin data base. Data apa saja yang harus di kumpulkan, kalo yang saya lakukan seperti ini.
1. Data Base BBM : Saya klasifikasiin mulai dari Market (kontak yang baru invite ), Prospek (Orang yang baru tanya-tanya), Buyer (Orang yang beli baru sekali), Customer (orang yang beli lebih dari dua kali) dan Marketer (hehe istilah reseller di bisnis saya).
2. Data Base Whatsapp : Tidak jauh beda dengan BBM saya klasifikasiin persis di BBM bedanya saya gunakan penamaany contoh: Kalo Prospek saya nama Pr Budi atau marketer saya namain Mr Udin. intinya kita bisa menghubungi mereka dan menginformasikan promo sesuai kebutuhan dan klasifikasi mereka. kalo ada yang tanya Line dan Telegram saya jawab gak tahu hehe taunya cuma udate dan promosi aja polanya gak jauh beda dengan whatsapp dan BBM karena di media ini kita sering closhing kan.
3. Data Base Email, hehe jujur saya belum praktek yang ini. cuma dari buku yang saya baca sangat penting data base email untuk promosi karena bersifat personal jadi efektifasnya cukup tinggi. silahkan sharing jika ada yang bagaiaman mengumpulkan data base email
4. dan yang terakhir ini saya buat di word data base lengkap, mulai dari Nama, Alamat, No.Hp, Email, BBM, Whatsapp dsb. dan saya kelompokan masing-masing, ada yang masuk kategori Prospek, Buyer, Customer dan Marketer.
Seriusss sob data base ini penting bangettt, saya yakin mastah yang divideo ini punya ribuan data base yang beneran aktif dan spesifik sehingga ketika sekali promo hasilnya wow, dan saya yakin juga kang Dewa Eka Prayoga ketika berhasil menjual 15.000 ekspelar bukunya dengan sistem PO karena memiliki data base yang banyak, reseller yang banyak dan spesifik. coba aj cek hehe, jadi mulai sekarang jangan malas-malasan buat bkin data base yak kalo bisnisnya pengen laris.
Ketiga, Siapkan sistem jualan dan sistem reseller yang terbaik dan tercocok versi perusahaan antum. caranya gimana ? Contek dan modifikasi sistem orang lain yang terbukti efektif sampe nemu sendiri pola reseller yang cocok buat anda, he jujur saya sudah berkali-kali update sistem reseller dan sekrang cocoknya dengan sistem marketer dimana menjadi solusi buat yang ingin gabung jualan produk saya dengan sistem reseller ataupun dropshiper.
Setelah 3 hal itu dipersiapkan sekarang saatnya anda gila-gilaan cari Prospek, Buyer, Customer dan Reseller sebanyak-banyak dengan berbagai cara dan teknik bisa di pelajari di berbagai buku.
Alhamdulillah, makasih banyak yak sudah baca artikel ini saya senang sekali jika bermanfaat buat anda. Jangan Dishare yak KECUALI PERLU hehe dan anda perduli dengan kerabat juga temen-temen yang lain untuk tau ilmunya. silahkan koment tapi jangan tanya yang susah-susah yak

Posting Komentar untuk "3 Langkah Membangun Pasukan Marketing"